Selasa, 12 Juli 2011

Cheddar Cheese Cake

Alhamdulillah uda nyampek LBT#7 dengan tema cotton cake, setelah googling banyak resep cotton cake yg menggiurkan, tapi q putusin bikin CCC aja coz sekalian praktek
Bikin pertama gagal, uda dipanggang sesuai dengan petunjuk diresep, uji tusuk juga uda mateng eh pas dikeluarin dari loyang, bawahnya masih basah uiiiiiiii, y udah daripada g bisa dimakan q panggang lagi tapi g pakek teknik ABM. Mungkin juga karna pas q panggang pakek teknik ABM loyang nya g nyentuh loyang dibawah yang terisi air (q pakek loyang muffin nonstick), otang q kecil sich ^_^
Kedua kali bikin Alhamdulillah berhasil dengan baik (otangnya minjem punya tetangga xixixi)
PR uda dikerjain uda ready nich buat diuploud eh q ada acara dadakan keluar kota jdnya g bisa uploud ontime nich, minta bantuan bunda Ricke y untuk ngaploud. Makasih sebelumnya bun ^_^


Ini dia resep CCC yang q bikin
Resep dapet dari salah satu blog mbak Febee dengan sedikit modifikasi sesuai budget q hehehe
Cheddar Cheese Cake
Bahan I :
130 gr Susu cair putih (UHT ex. ultra)
40 gr butter (anchor unsalted) ---------------- q pakek margarin
125 gr Cheddar Cheese, parut
Bahan II :
20 gr tepung terigu
15 gr maizena
2 buah kuning telur
 1sdt air jeruk (utk mengurangi aroma telur)
Bahan III :
3 buah putih telur
80 gr gula pasir
1/4 sdt cream of tar-tar ----------------------- q g pakek
Bahan IV :
1 sdm selai blueberry (boleh diganti sesuai dgn selera) ---------- q pakek strawberry jam
1 sdm air matang -------------- q g pakek
Cara membuat  :
1. Siapkan loyang (q pakek loyang muffin nonstick), olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Siapkan loyang utk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4 – nya (saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan)  = cara panggang ini nama nya au ban marie..
2. Campurkan semua bahan I di dalam panci kecil, panaskan di atas api kecil sambil diaduk sekali2 sehingga smua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya tidak gosong. Jika perlu matikan api sementara bahan I diaduk2. Note : keju cheddar tidak akan cair benar asal parutan keju cukup halus dan tercampur rata dengan susu dan mentega, tidak apa2 membiarkan krim agak bergerindil.
3. Dalam keadaan Bahan I masih hangat, masukan Bahan II sedikit demi sedikit ke dalamnya. Aduk hingga rata benar. Masukkan kuning telur dan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
4. Masukan loyang berisi air ke oven dengan suhu 160C. Jika menggunakan otang dan tidak punya termometer seperti saya (maklum beginner ) , nyalakan oven kecil sedang, asal api biru menyentuh dasar oven.
5. Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar-tar hingga ‘soft-peak’ saja (jangan sampai terlalu kaku = kalo saya dimixer skitar 5menit). Masukan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga rata benar. Tuang adonan ke dalam loyang.
6. Cek loyang apakah sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih cukup ada gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.
7. Panggang selama 50menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, tambahkan 5 – 10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) ada semu keemasan.
8. Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik.
9. Penyelesaian : hangatkan selai blueberry dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk), olesi ke permukaan cheese cake, hias dengan buah2an sesuai selera = kalo saya pakek strawberry jam n strawberry jamnya tidak dihangatkan tapi langsung dioleskan supaya lebih terasa
Semalat Mencoba
Salam LBT ^_^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...